Jumat, 17 Desember 2010

Bawang Merah Redam Serangan Jantung

Bawang Merah Redam Serangan Jantung
Foto: faqs.org

Jakarta - Jika Anda salah satu orang yang sering menyingkirkan irisan bawang merah ketika menyantap sate, ada baiknya rubah kebiasaan itu mulai sekarang. Irisan bawangmerah yang konon katanya bikin bau mulut ini ternyata mengandung berbagai macam khasiat, bahkan bisa mencegah serangan jantung!

Tidak sedikit orang yang kurang menyukai bawang merah. Biasanya hal ini dikarenakan aromanya yang tajam yang di mulut setelah dimakan. Beberapa peneliti di Hongkong menemukan sebuah fakta baru bahwa bawang merah dapat mencegah terjadinya serangan jantung, berdasarkan penelitian yang telah mereka lakukan.

Bawang merah mengandung sulphur compound seperti Allyl Propyl Disulphida (APDS) dan flavonoids seperti quercetin. Flavonoid dipercayai mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan kencing manis kerana ia mempunyai unsur-unsur anti-kanker, anti bakteria, anti-viral, anti-allergenic dan anti-inflammatory.

Bawang merah juga menjaga kolesterol baik dalam tubuh tetap terjaga yang dapat membantu melindungi daripenyakit jantung. Para ilmuwan di Hongkong ini melakukan percobaan terhadap hamster selama delapan minggu. Setelah delapan minggu, kolesterol (LDL) telah menurun sebanyak 20%.

"Hasil ini mendukung klaim bahwa dengan mengkonsumsi bawang merah secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner," uajar Zhen Yu Chen, yang bertanggung jawab atas penelitian dilakukan di Universitas Cina Hong Kong seperti yang dilansir Daily Mail.

Nah, kalau masihkah Anda akan menyingkirkan bawang merah dalam masakan?
Eka Septia Wulan - detikFood 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar